05:08 - Sabtu 21 April, 2018

Kandungan Penting Vitamin dan Mineral bagi Tubuh

Jun 2, 2016 257 Viewed Kholik Kristanto
vitamin dan mineral

GALAXY.CO.ID – Vitamin memiliki fungsi dalam metabolisme pada setiap organisme yang tidak dapat dihasilkan tubuh. Vitamin juga termasuk dalam salah satu kandungan penting yang harus wajib diperoleh tubuh. Selain itu, pentingnya vitamin dan mineral juga bisa membantu proses dari metabolisme tubuh serta pembentukan energi.

Menurut Dr Samuel Oetoro, SpGK, tubuh manusia membutuhkan banyak jenis vitamin dan mineral supaya bisa bekerja dengan baik. Keduanya mempunyai peran yang sangat penting untuk proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh.

Selain itu, vitamin dan mineral juga di butuhkan untuk menangkal radikal bebas serta polusi udara. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, keduanya juga mempunyai fungsi untuk mendorong pertumbuhan sel-sel dan menjaga kesehatan tubuh. Vitamin dan mineral tidak hanya di dapatkan dari buah-buahan dan sayuran, namun bisa di dapatkan dari asupan suplemen vitamin.

Baca Juga:  Lima Tips Cegah Kerusakan Gigi Pada Anak

“Mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang sesuai dengan aturan bisa menjadi salah satu solusi alternatif guna mendukung kebutuhan vitamin dan mineral di tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari, terutama untuk masyarakat kota yang mempunyai jadwal sangat padat,” jelas Dr. Samuel.

Meski begitu, kita tidak boleh mengonsumsi suplemen secara berlebihan atau melebihi dosis karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Vitamin sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin yang larut oleh lemak dan air.

“Vitamin yang tidak boleh dikonsumsi dalm jangka panjang adalah vitamin yang larut lemak, yang meliputi vitamin A, D, E dan K,” ungkap dr. Samuel.

Baca Juga:  Kenali Lima Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Belakangan ini banyak orang yang menganggap bahwa mengonsumsi vitamin terlalu berlebih bisa membuat badan menjadi sehat, terutama pada vitamin C. Sedangkan menurut dr Samuel, kebutuhan vitamin C pada diri seseorang tersebut tidaklah tinggi.

“Kebutuhan vitamin sebenarnya rendah dan tidak perlu di konsumsi berlebihan. Sekarang ada orang yang suntik vitamin C, katanya biar segar. Namun saat mencapai dosis yang tinggi, ada efek sampingnya,” tambahnya.

Menurut Samuel, paling aman jika memilih vitamin dengan dosis yang rendah dan diminum secara teratur, karena vitamin yang berdosis tinggi tersebut sangatlah berisiko.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply