04:52 - Senin 26 Februari, 2018

Penemuan Belati di Makam Raja Firaun Berasal dari Meteorit

Jun 4, 2016 282 Viewed Santi Dwi Pratiwi
belati firaun mesir

GALAXY.CO.ID – Para ahli arkeologi memberikan berita mengejutkan terkait penemuan dari makam mumi Firaun Mesir. Mereka menemukan Raja Tutankhamun dikuburkan bersamaan dengan sebuah belati yang berada di sebelah kanan mumi Raja Tut, menurut penelitian belati tersebut terbuat dari bahan yang bukan berasal dari bumi, melainkan dari bahan luar angkasa yaitu besi meteorit.

Raja Tutankhamun sendiri merupakan pemimpin Mesir pada dinasti ke 18 atau sekitar tahun 1332 sebelum masehi. Selain itu, topeng kematian Raja Tut kini telah menjadi ikon dan koleksi di museum.

Sebelumnya, analisis mengenaik belati dengan objek lainnya yang ditemukan di makan Raja Tut terbukti secara kontroversial. Namun dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini, para peneliti yang dipimpin oleh Daniela Cornelli yang bertujuan untuk mengonfirmasi jika belati tersebut memang berasal dari meteorit.

Baca Juga:  Pesawat Ruang Angkasa Nasa Juno Menangkap Foto Cuaca Yang Belum Pernah Dilihat Ilmuwan

Belati itu juga memiliki kandungan nikel tiga kali lebih besar dari artefak yang telah diproduksi dari biji besi yang sudah ditambang serta mengandung kobalt yang konsisten dengan besi meteorit tersebut.

“Besi meteorit secara jelas diindikasikan oleh adanya kandungan yang tinggi dari bahan nikel. Belati tersebut juga mengandung kadar nikel yang tinggi,” ungkap Daniela Cornelli.

Baca Juga:  Hari ini 30 Mei 2016, Planet Mars Berada di Titik Dekat Dengan Bumi

Makam Raja Tutankhamun pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh seorang ahli arkeolog yaitu Howard Carter yang berlokasi di Lembah Raja-Raja, Mesir. Penemuan tersebut juga memiliki daya tarik dan pesona tersendiri dari dunia terhadap para Firaun pada abad ke-14.

Setelah tiga tahun makam ditemukan, dua belati yang terbuat dari besi dan emas ini ditemukan di dalam bungkusan kain mumi di dinasti ke-18 penguasa Mesir tersebut.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply