04:47 - Senin 26 Februari, 2018

ISIS Bertanggung Jawab Atas Terjadinya Bom Bunuh Diri di Kabul

Jul 24, 2016 247 Viewed Dewi Maharani
ledakan bom

GALAXY.CO.ID –Afghanistan kembali di teror bom bunuh diri, pada Sabtu, 23 Juli 2016 telah meledak dua bom yang terjadi di tengah-tengah kerumunan orang yang hendak melakukan unjuk rasa terkait pemindahan jalur listrik oleh kelompok minoritas Syiah Hazara Afghanistan di Kabul terkait aksi damai. Akibat ledakan tersebut, sekitar 80 orang tewas dan 230 orang lainnya mengalami luka-luka.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan kantor berita Aamaq bahwa kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab mengenai aksi ledakan tersebut. Tujuan dari ledakan itu adalah untuk menghancurkan hubungan umat Sunni dan Syiah yang selama ini sangat bagus di Afghanistan. Serangan ini dilakukan oleh tiga orang pelaku bom bunuh diri. Namun pelaku ketiga ditembak mati aparat keamanan sebelum beraksi

“Dua pejuang ISIS telah meledakkan sabuk penuh dengan bahan peledak di tempat berkumpulnya kaum Syiah di kota Kabul, Afghanistan,” jelas Aamaq.

Baca Juga:  Korea Utara Kembali Luncurkan Tiga Rudal Balistik Ke Lautan Lepas

Banyak jasad yang bergelimpangan bersama dengan potongan tubuh lainnya dilokasi tersebut. Mobil ambulans juga tengah berusaha untuk mencapai lokasi yang semalaman diblokir oleh pemerintah untuk mengendalikan unjuk rasa. Sementara ratusan korban luka yang sudah memenuhi rumah-rumah sakit di Kabul telah mengakibatkan kurangnya persediaan darah.

Di negara lain, juru bicara dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat John Kirby juga turut berduka yang mendalam mengenai peristiwa ledakan yang terjadi di Kabul. Ia juga menawarkan bantuan apabila Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani ingin melakukan investigasi serta membawa pelaku yang terkait ke jalur hukum.

Baca Juga:  Raja Bhumibol Adulyadej Wafat, Warga Thailand Di Selimuti Duka Mendalam

“Kami menawarkan bantuan apapun kepada Presiden Ghani jika dia membutuhkan bantuan untuk negaranya melakukan investigasi dan membawa pembunuh ke pengadilan,” jelas Kirby melalui akun twitter.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply