06:54 - Sabtu 21 April, 2018

Korea Utara Kembali Luncurkan Tiga Rudal Balistik Ke Lautan Lepas

Sep 5, 2016 277 Viewed Dewi Maharani
rudal

GALAXY.CO.ID –Korea Utara kini kembali melakukan uji coba misil yang akan diluncurkan ke laut lepas pantai timur. Kali ini mereka akan menembakkan sebanyak tiga misil balistik dari wilayah barat Pyongyang. Peluncuran terjadi setelah beberapa jam pemimpin dari Korsel dan China bertemu dengan utusan diplomatik Korut di sela-sela KTT G20 di Hangzhou, China.

Di pertemuan tersebut, Presiden China, Xi Jinping menjelaskan jika China menentang penyebaran sistem anti-rudal milik Amerika, THAAD di Korea Selatan. Selain itu, Xi Jinping juga menyatakan kembali komitmen China untuk mewujudkan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Di lain pihak, Pemerintah dari Amerika Serikat juga telah mengecam peluncuran rudal balistik yang kini dilakukan kembali oleh Korea Utara. Amerika Serikat menyebut tindakan Korea Utara sebagai ancaman bagi sekutu-sekutunya serta penerbangan sipil. AS juga tengah mengancam akan adanya sanksi diplomatic terhadap rezim Korut.

Baca Juga:  Dua Wanita AS Mengaku Pernah Di Lecehkan Calon Presiden AS Donald Trump

“Peluncuran yang dilakukan Korea Utara hari ini dianggap ceroboh dan menimbulkan ancaman bagi aviasi sipil serta perdagangan maritime di wilayah tersebut,” ungkap pejabat senior pemerintah AS.

Pada akhir Juli lalu, Amerika Serikat dan Korea Selatan telah memutuskan untuk menyebarkan Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) di Korsel guna melawan rudal dan ancaman nuklir dari Korea Utara. Penyebaran THAAD tersebut tidak akan menimbulkan ancaman bagi kepentingan keamanan negara lain.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply