04:47 - Senin 26 Februari, 2018

Pesawat Ruang Angkasa Nasa Juno Menangkap Foto Cuaca Yang Belum Pernah Dilihat Ilmuwan

Sep 6, 2016 221 Viewed Santi Dwi Pratiwi
planet

GALAXY.CO.ID -Pesawat ruang angkasa NASA Juno yang dikirim kembali untuk pertama kalinya telah menangkap gambar dari wilayah kutub utara Jupiter. Foto tersebut mengungkapkan sistem badai serta aktivitas cuaca seperti yang pernah dilihat oleh ilmuwan sebelumnya di setiap raksasa gas tata surya.

Gambar-gambar tersebut diambil pada lintas orbital pertama Juno yang diluncurkan pada Agustus 2011 dari Cape Canaveral, Florida dan membutuhkan waktu lima tahun untuk sampai kesana.

Selama terbang, pesawat NASA Juno melayang sekitar 2.500 mil atau 4.200 kilometer di atas awan berputar-putar mengelilingi planet tersebut sehingga dapat menangkap gambar sesuatu dari Jupiter utara dan selatan kutub.

Baca Juga:  Fosil Marsupial Pemakan Bekicot Ditemukan di Australia

Juno sendiri telah dilengkapi dengan kamera infra merah yang di desain khusus untuk membuat foto aurora di kutuk selatan Jupiter. Hal tersebut dikarenakan medan magnetiknya sangat luas serta aurora di kutub Jupiter tergolong raksasa. Dari hasil penelitian tersebut, para ilmuwan ingin mengungkapkan korelasi antara aurora dengan matahari serta faktor lainnya.

Baca Juga:  Bakteri Selulosa Dari Teh Bantu Manusia Hidup di Mars

Berbeda dengan Bumi dan Mars, planet Jupiter merupakan planet gas raksasa yang mungkin terbentuk pertama setelah matahari. Jupiter memiliki keunikan yang belum bisa dijelaskan oleh ilmuwan yakni bintik merah yang telah terbentuk sejak lebih dari 340 tahun silam.

Bintik merah tersebut adalah badai raksasa yang bertemperatur sampai 1500 derajat Celcius dan berukuran lebih besar daripada Bumi.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply