07:28 - Selasa 23 Januari, 2018

Juru Bicara ISIS Al-Adnani Dinyatakan Tewas Karena Serangan Udara Amerika Serikat di Suriah

Sep 14, 2016 184 Viewed Dewi Maharani
isis

GALAXY.CO.ID –Pentagon atau Kementerian Pertahanan Amerika Serika menegaskan bahwa kabar mengenai tewasnya juru bicara Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yakni Abu Mohamed Al-Adnani telah tewas serangan udara di Suriah utara bulan Agustus lalu.

Juru bicara Pentagon, Peter Cook menyatakan bahwa Al-Adnani adalah seorang pimpinan propaganda, perekrut serta arsitek operasi eksternal dari kelompok ISIS. Namanya sendiri makin dikenal saat ia memerintahkan beberapa jaringan ISIS di Barat untuk meluncurkan berbagai serangan ke negara-negara tertentu.

“Ini merupakan satu dari rangkaian serangan yang sukses menewaskan pemimpin ISIS, termasuk mereka yang bertanggung jawab atas keuangan serta perencanaan militer. Sehingga semakin menyulitkan ISIS untuk beroperasi,” kata Peter Cook.

Baca Juga:  Di Usia 72 Tahun, Mick Jagger Tunggu Kehadiran Anak Yang Ke Delapan

Selain itu, Al-Adnani juga diyakini telah terlibat dalam merancang serangan di sebuah kafe yang bertempat di Bangladesh, bom bunuh diri si Ankara serta menjatuhkan sebuah pesawat komersial Rusia di Sinai.

“Ketika kami terus mengumpulkan momentum di dalam usaha untuk menangkal kampanye ISIS, kami juga akan terus menargetkan para pimpinan ISIS dan terus mengejar para anggota komplotan eksternalnya,” ungkap Cook.

Baca Juga:  Serangan Untuk Merebut Kembali Kota Mosul Dari ISIS Telah Di Mulai

Sebelumnya, Rusia juga telah mengatakan bahwa mereka telah membunuh Adnani pada akhir Agustus di Desa Umm Haws, utara provinsi Aleppo. Karena Al-Adnani merupakan salah satu tokoh yang paling dicari untuk dibunuh, bahkan kepalanya dihargai sebesar 5 juta dolar AS atau setara dengan Rp 65 miliar.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply