07:25 - Selasa 23 Januari, 2018

Jean Gardner Batten Jadi Topik Google Doodle Hari Ini

Sep 15, 2016 241 Viewed Indah Pertiwi
doodle

GALAXY.CO.ID -Hari ini, Kamis (15/9/2016) Jean Gardner Batten menghiasi halaman depan Google. Dalam tampilannya, terdapat gambar seorang wanita dengan menggendong seekor kucing dan duduk di sayap pesawat.

Alasan kenapa ia bisa menjadi topik dari Google Doodles adalah karena hari ini merupakan hari lahirnya ke 107.

Jean Gardner Batten adalah seorang penerbang wanita yang berkebangsaan Selandia Baru. Ia lahir pada 15 September 1909 di Rotorua dan meninggal di usia 73 tahun, yakni pada 22 November 1982 di Palma de Mallorca karena terkena gigitan anjing dan tidak mau melakukan pengobatan.

Baca Juga:  Pesawat Trigana Air Service TGN7321 Alami Kecelakaan Saat Mendarat Di Bandara Wamena

Bulan Mei 1934, Batten berhasil melakukan penerbangan solo dari Inggris ke Australia. Saat itu, ia menggunakan pesawat latih de Havilland DH.60 Moth atau Gypsy Moth.

Jean sendiri lebih dikenal sebagai penerbang pertama yang memecahkan rekor dunia dengan melakukan penerbangan tunggal dengan akumulasi waktu 11 hari 45 menit di tahun 1936 dari inggris ke Selandia Baru. Waktu tersebut juga belum dapat dikalahkan oleh penerbang tunggal lainnya di dunia.

Karena keberhasilannya tersebut, Batten dianugerahi Harmon Trophy tiga kali, yakni pada tahun 1935, 1936 dan 1937.
Sebenarnya, Batten juga memiliki kemampuan bermusik yang tidak biasa dan ia bisa saja berkarir sebagai pemain piano di sebuah konser. Namun, ia lebih memilih belajar cara untuk menerbangkan pesawat.

Baca Juga:  Peristiwa Rashdul Qiblah terjadi Dua Kali dalam Setahun

Batten juga memiliki julukan yakni ‘Greta Garbo di Angkasa’ karena ia selalu tampil glamour di setiap kesempatan. Selain itu, ia juga sering memakai gaun sutra berwarna putih dalam perayaan serta selalu memakai lipstik saat akan mengemudikan pesawat.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply