07:27 - Selasa 23 Januari, 2018

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Pada Tengah Malam Nanti

Sep 16, 2016 247 Viewed Santi Dwi Pratiwi
penumbra

GALAXY.CO.ID-Tengah malam dan dini hari nanti, tepatnya tanggal 16-17 September 2016 akan terjadi fenomena alam yaitu Gerhana Bulan Penumbra. Gerhana tersebut akan menjadi gerhana terakhir di tahun 2016 ini. Menurut informasi, gerhana tersebut akan muncul sekitar pukul 23.54 WIB di tanggal 16 September dan 17 September pukul 02.55 WIB dan akan berakhir sekitar jam 03.53 WIB.

Gerhana bulan sendiri terjadi ketika sebagian ataupun keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal tersebut terjadi apabila bumi tengah berada di antara matahari serta bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi.

Sedangkan peristiwa Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat Bumi menghalangi sinar Matahari. Hal tersebut membuat posisi bulan tidak masuk dalam kerucut umbra atau bayang-bayang inti bumi, namun tetap berada di area penumbra. Hal tersebut membuat kebanyakan orang tidak menyadari bahwa bulan sedang mengalami gerhana.

Baca Juga:  Hari ini 30 Mei 2016, Planet Mars Berada di Titik Dekat Dengan Bumi

“Gerhana bulan penumbra adalah gerhana samar, sebab bulan purnama hanya terkena bayangan sekunder. Sehingga orang awam sulit mengenalinya, karena purnama hanya sedikit meredup,” jelas Thomas Djamaluddin Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Apabila ingin mengamati Gerhana Penumbra tersebut, maka mereka harus menggunakan teropong atau teleskop guna menangkap bayangan Bumi yang biasanya menyelimuti cahaya menyilaukan Bulan.

Baca Juga:  Bakteri Selulosa Dari Teh Bantu Manusia Hidup di Mars

Gerhana Bulan Penumbra bisa disaksikan oleh masyarakat di negara Eropa, Afrika, Australia dan Asia. Namun bagi penduduk di Amerika Utara dan Selatan harus rela menunggu sampai tahun 2017 untuk melihat gerhana.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply