07:28 - Selasa 23 Januari, 2018

Badak Sumatera Mengalami Krisis Populasi Di Bandingkan Badak Jawa

Sep 23, 2016 216 Viewed Indah Pertiwi
badak

GALAXY.CO.ID-Badak Sumatera kini tengah mengalami krisis populasi, karena kondisi dari badak Sumatera dinilai kurang baik dibandingkan badak Jawa. Populasi dari badak Jawa tersebar dalam kelompok kecil sehingga menyulitkan mereka untuk melakukan perkembangbiakan.

Hal tersebut di ungkapkan oleh pihak organisasi internasional mengenai konservasi lingkungan dan hewan World Wildlife Fund for nature-Indonesia (WWF-Indonesia).

“Upaya konservasi Badak Sumatera di Indonesia ini harus dilakukan dengan mengedepankan inovasi baru yaitu mendorong program pembiakan semi alami yang lebih aktif,” jelas Direktur WWF-Indonesia, Arnold Sitompul, Kamis (22/9/2016).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Jadikan Ignasius Jonan Sebagai Menteri ESDM Dan Arcandra Tahar Sebagai Wakil Menteri Di Istana Negara

“Mendorong program pembiakan semi-alami yang lebih aktif. Dengan mengendalikan langkap yang merupakan spesies invasive dan sangat mengganggu habitat asli badak,” tambahnya.

Pada periode 2015-2019, pemerintah Indonesia sudah mencanangkan target pertumbuhan populasi sebesar 10 % untuk 25 satwa yang dilindungi termasuk badak Jawa dan badak Sumatera.

Menurut data terakhir Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di habitat terakhirnya yang terletak di TNUK jumlah dari Badak Jawa ada sebanyak 63 individu. Sementara, menurut perkiraan ahli di pertemuan PHVA (Population and Habitat Viability Assessment) jumlah dari Badak Sumatera hanya tersisa kurang dari 100 individu.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply