09:01 - Rabu 24 Januari, 2018

Sekjen DPD RI Soedarsono Hardjosoekarto Di Periksa Sebagai Saksi Terkait Kasus Suap Irman Gusman

Sep 26, 2016 237 Viewed Indah Pertiwi
kpk

GALAXY.CO.ID-Sekretaris Jenderal DPD RI, Soedarsono Hardjosoekarto resmi dipanggil oleh pihak KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus suap distribusi kuota gula impor di Sumatera Barat yang dilakukan oleh Irman Gusman.

“Soedarsono akan di periksa sebagai saksi untuk tersangka IG,” jelas Priharsa Nugraha, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Senin (26/9/2016).

Irman Gusman sendiri ditangkap saat berada di rumah dinasnya di Jl. Denpasar C3/8, Jakarta Selatan, Sabtu dini hari. Irman ditangkap karena kedapatan menerima uang sebesar Rp 100 juta dari direktur CV Semesta Berjaya, Xaveriandi Sutanto.

Baca Juga:  Mantan Sekretaris MA Nurhadi Di Periksa KPK Terkait Kasus Korupsi Turnamen Tenis

Selain itu, KPK juga mengamankan istri beserta adik kandung Xaveriandi Sutanto yaitu Memi dan Willy Sutanto.
Setelah melakukan pemeriksaan 1×24 jam, KPK telah menetapkan beberapa orang tersangka dari kasus suap tersebut.

Diantaranya adalah Irman, yang dianggap telah melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1990 mengenai tindak pidana korupsi.

Baca Juga:  Pembukaan Paralimpiade Rio 2016 yang ke 15 Dijadikan Sebagai Google Doodle Hari Ini

Sedangkan Xaveriandi Sutanto dan Memi dianggap melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 huruf b atau Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply