07:23 - Selasa 23 Januari, 2018

Teleskop Radio Terbesar di Cina Yang Bernama FAST Telah Resmi Beroperasi

Sep 26, 2016 227 Viewed Santi Dwi Pratiwi
fast-china

GALAXY.CO.ID-Teleskop radio yang terbesar di dunia kini resmi beroperasi di barat daya Cina pada Minggu (25/9/2016). Dibutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk merampungkan proyek tersebut.

Teleskop radio yang dinamai dengan Five hundred meter Aperture Spherical Telescope (FAST) berhasil mengalahkan teleskop Arecibo Obsevatory yang terletak di Puerto Rico.

Selain itu, pengerjaan proyek tersebut menghabiskan biaya sebesar US$180 juta atau sekitar 2 triliun lebih. Teleskop FAST ini berbentuk seperti piringan parabola raksasa serta di bangun di antara bukit-bukit yang terletak di kawasan pegunungan Provinsi Guizhou.

Baca Juga:  Presiden Obama Setuju Untuk Bekerjasama Dalam Membantu Mengirim Orang Ke Mars

Teleskop tersebut juga berfungsi untuk mendeteksi tanda-tanda kehidupan di antariksa dan juga mendeteksi pulsar-bintang neutron yang berputar dengan kecepatan tinggi yang diyakini sebagai produk ledakan supernova.

Seperti yang dilaporkan ilmuwan Cina, teleskop raksasa yang berdiameter 500 meter tersebut sudah menerima sinyal pertamanya yang berasal dari luar angkasa. Dan hanya di butuhkan waktu selama tiga tahun saja untuk mengkalibrasi instrumen itu hingga dapat beroperasi secara penuh.

Baca Juga:  Penemuan Belati di Makam Raja Firaun Berasal dari Meteorit

Menurut peneliti Akademi Sains China, Qian Lei menjelaskan bahwa tujuan utama dari FAST adalah menemukan hukum-hukum dari perkembangan alam semesta.

“Ini sangat menarik. Bertahun-tahun lamanya kami harus pergi ke luar negeri guna melakukan pengamatan dan sekarang kami sudah memiliki teleskop terbesar. Orang banyak yang tidak sabar menunggu benda ini digunakan,” kata Profesor Peng Bo, deputi manajer proyek FAST.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply