07:27 - Selasa 23 Januari, 2018

Perhatikan Jenis Sayuran Yang Akan Dimasak Supaya Tidak Hilang Kandungan Nutrisinya

Sep 28, 2016 195 Viewed Kholik Kristanto
sayuran

GALAXY.CO.ID-Sayuran dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan kita. Namun nutrisi sayuran yang akan kita konsumsi tersebut tergantung pada bagaimana cara kita memasak dan mengolahnya. Menurut para ahli gizi, tidak semua jenis sayuran yang dimasak mengandung lebih banyak nutrisi.

Namun ada beberapa sayuran yang menyehatkan bila dimasak terlebih dahulu, misalnya bayam, wortel, asparagus, jamur dan tomat. Selain itu, merebus sayuran dengan panci dalam waktu yang lama justru akan menghilangkan kandungan nutrisi penting, antara lain hilangnya asam folat dan vitamin C.

Berikut ini merupakan keterangan dan cara untuk memasak sayuran supaya tidak hilang asupan nutrisinya.

Baca Juga:  Menkes Nila F Moeloek Segera Tangani Masalah Vaksin Palsu

Wortel
Wortel sangatlah berguna bagi kesehatan mata dan untuk membentuk kekebalan tubuh, karena mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Supaya kandungan gizinya tidak rusak, sebaiknya wortel ditumis dengan sedikit minyak dan dimasak dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Tomat
Kandungan lycopene di dalam buah tomat bisa mencegah kerutan, bintik hitam dan memperlambat proses penuaan di kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Selain itu, zat lycopene juga melindungi seseorang dari risiko terkena penyakit jantung dan kanker prostat, khususnya pria. Caranya dengan memasak tomat dengan minyak zaitun selama satu jam. Minyak zaitun sendiri diyakini dapat meningkatkan jumlah lycopene yang diserap tubuh.

Baca Juga:  Waspadai Gejala Hipertensi pada Anak-anak

Bayam
Bayam mengandung banyak kalsium. Tetapi bayam juga tinggi oksalat yang dapat menghambat aksebilitas kalsium. Maka dari itu, bayam harus di masak sebelum di santap guna mengurangi kadar oksalat dan juga untuk meningkatkan kandungan lutein.

Asparagus
Asparagus ini merupakan sumber nutrisi, antara lain mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, seng, mangan, selenium dan potasium. Kaya akan vitamin A, B1, B3, B5, B-6, folat, C, E dan K. dengan memasak asparagus, maka kandungan nutrisi bioavailabilitas dan polifenol meningkat. Sekain itu, Polifenol juga memiliki sifat antioksidan yang tentunya bagus untuk kesehatan tubuh.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply