15:17 - Jumat 22 Januari, 5904

Bank Indonesia Memperkirakan Inflasi Sebesar 0,19 % di Bulan Mei

Mei 28, 2016 226 Viewed Bisma Kurniawan
bank indonesia

GALAXY.CO.ID – Menjelang bulan Ramadhan, Bank Indonesia terus melakukan penguatan koordinasi dengan pemerintah dibidang ekonomi, antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog serta Kementerian Perekonomian. Hal tersebut dilakukan untuk menghadapi tekanan dari kenaikan harga atau inflasi pada beberapa bahan kebutuhan pokok.

Bank Indonesia juga memperkirakan inflasi pada bulan Mei 2016 ini sebesar 0,19 persen berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh pihak Bank Indonesia (BI).

Menurut Agus Martowardojo selaku Gubernur BI, laju inflasi semakin terjaga sampai tengah tahun, tekanan inflasi di beberapa jenis barang makanan memasuki bulan Ramadhan serta Idul Fitri harus tetap di waspadai, namun inflasi di sepanjang tahun ini akan selalu terjaga dengan baik atau tidak terlalu tinggi.

Baca Juga:  Upaya Pemerintah Dalam Mengendalikan Inflasi di Bulan Puasa

Bank Indonesia akan tetap melakukan koordinasi dengan pemerintahan terkait harga pangan, selain itu faktor geografis di Indonesia yang luas ini mengharuskan adanya koordinasi yang baik yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga, di mulai dengan ketersediaannya sampai distribusi.

“Kita sudah tahu bagaimana inflasi terjadi, terutama di daerah. Kita semua juga tahu, negara Indonesia ini adalah negara besar. jadi untuk komoditi-komoditi tertentu, khususnya untuk harga pangan yang ada di daerah-daerah, jika pihak kita tidak melakukan koordinasi maka inflasi yang terjadi akan cukup tinggi,” ungkap Agus.
“Koordinasi yang kita lakukan mengarah ke lima komoditas utama, khususnya beras, daging sapi, bawang merah, cabai dan daging ayam. Kelima hal tersebut kita bahas dengan cukup serius,” tambahnya.

Baca Juga:  Meningkatnya Kopi Disebabkan Oleh Perubahan Gaya Hidup

Agus Martowardojo juga menjelaskan bahwa inflasi yang tidak terlalu tinggi ini disebabkan oleh tekanan yang terdapat di holtikultura, misalnya pada cabai yang kini harganya sudah menurun tidak seperti daging ayam yang harganya kian meningkat.

“Kami semua terus optimis target akan mencapai 4 persen, sedangkan plus minus 1 persen masih diusahakan bisa tercapai,” jelas Agus Martowardojo Gubernur BI.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply