15:17 - Minggu 22 Januari, 5911

Suhu Panas Menyerang India Hingga Mencapai 51°C

Mei 26, 2016 286 Viewed Dewi Maharani
suhu panas india

GALAXY.CO.ID – India merupakan sebuah negara di Asia yang memiliki penduduk terbanyak kedua di dunia, yang populasinya melebihi satu miliar jiwa. Selain itu, ekonomi India menjadi yang terbesar keempat di dunia dalam PDB, di ukur melalui segi paritas daya beli serta menjadi pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Pada 19 Mei kemarin, kota kecil yang berada di Phalodi, barat laut India mencatatkan suhu terpanas di sepanjang sejarah negara, yaitu mencapai 51 derajat celcius atau sekitar 123,8°F, Kondisi seperti ini harus tetap di waspadai. Peristiwa tersebut terjadi ketika gelombang panas melanda negeri India tersebut.

Suhu tersebut telah di catat oleh India Meteorological Department (IMD), ini merupakan suhu terpanas dan tertinggi dibanding suhu yang telah tercatat sebelumnya di Alwar pada tahun 1956, yakni 50,6°C.

Baca Juga:  Kesehatan Raja Bhumibol Adulyadej Menurun Pasca Cuci Darah

“Pada Kamis, 19 Mei lalu merupakan suhu yang paling terpanas yang pernah tercatat di Phalodi India, yakni 51°C,” ungkap BP Yadav melalui kantor cuaca India.

Pemerintah India juga telah mengeluarkan peringatan terkait gelombang panas bagi warga India yang berada di bagian utara dan barat. Mereka juga menghimbau ke seluruh penduduk kalau gelombang panas tersebut bisa menyerang India dalam waktu dekat ini.

NASA juga telah memperkirakan bahwa tahun 2016 ini akan menjadi tahun terpanas yang akan mengalahkan suhu panas di tahun 2015. Selain di India, gelombang panas tersebut juga menyerang beberapa negara, yaitu Thailand, Kamboja, Laos serta beberapa negara Asia tenggara lainnya.

Musim panas di tahun ini telah menewaskan puluhan nyawa di India bagian selatan dari Telangana dan Andgra Pradesh. Beberapa daerah di India juga melarang warganya untuk memasak di siang hari guna mengurangi risiko kebakaran.

Baca Juga:  Serangan Untuk Merebut Kembali Kota Mosul Dari ISIS Telah Di Mulai

Tahun 2015 lalu, hampir 1700 nyawa melayang hanya dalam waktu 1 minggu akibat gelombang panas tersebut, sebagian besar meninggal akibat dehidrasi yang dialami. Selain itu, suhu ekstrem tersebut juga melelehkan jalan raya di sepanjang ibukota New dekhi. Sedangkan di tahun 2016 ini, ada beberapa ratusan orang yang meninggal karena suhu panas tersebut.

Pemerintah India juga meminta pihak rumah sakit untuk selalu memberikan layanan darurat terhadap warga yang kepanasan akibat suhu panas itu, selain itu mereka juga memberikan bantuan air kepada warga.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply