04:47 - Senin 26 Februari, 2018

Hari ini 30 Mei 2016, Planet Mars Berada di Titik Dekat Dengan Bumi

Mei 30, 2016 216 Viewed Santi Dwi Pratiwi
planet mars

GALAXY.CO.ID – Planet Mars akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi setelah 11 tahun yang lalu, yaitu pada bulan November 2005. Mars tersebut berada dalam jarak sekitar 75,3 juta kilometer dari Bumi, sebenarnya Mars dan Bumi biasanya memiliki jarak rata-rata sekitar 225 juta kilometer. Peristiwa ini akan terjadi pada Senin, tanggal 30 Mei 2016.

Para astronom telah mempelajari tentang Mars dan Bumi dengan menggunakan terminologi yang agak berbeda. Sebelumnya, mereka telah meyakini bahwa di Mars terdapat tanda kehidupan, hal ini diperkuat dengan adanya penemuan tanda air. Sampai akhirnya disimpulkan bahwa Planet Merah tersebut pernah mengalami zaman es yang berakhir pada 400 ribu tahun lalu.

Zaman es yang mencair di Mars tersebut bisa dijadikan sebagai bahan untuk mempelajari pemanasan global yang saat ini terjadi di Bumi di masa depan. Para ilmuwan menjelaskan bahwa jika suatu saat nanti ada misi mengirim manusia ke Planet Mars, maka hal tersebut akan menjadi momentum untuk mencari tahu tentang kondisi cuaca dan air di Planet Merah tersebut.

Baca Juga:  Teleskop Radio Terbesar di Cina Yang Bernama FAST Telah Resmi Beroperasi

Menurut ilmuwan, Mars tidak akan mendekati Bumi lagi sampai tahun 2287, karena Bumi dan Mars tidak memiliki orbit lingkaran sempurna selain itu gaya gravitasi planet-planet yang terus mengubah bentuk orbitannya. Sejak Mars dekat dengan Planet Jupiter, Jupiter memiliki efek yang jauh lebih besar daripada orbit Mars dan Bumi.

Mars sendiri berada di langit hampir sepanjang malam, terlihat seperti bintang yang kemerahan dan bersinar dengan cahaya yang stabil namun tidak berkelip-kelip. Mars juga akan berada di langit timur pada malam hari, menjadi lebih tinggi di malam hari dan berada di barat sebagai fajar pagi lampu langit.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply