02:04 - Jumat 27 April, 2018

Presiden Joko Widodo Mengharapkan Revisi UU Pilkada Segera Terselesaikan

Mei 31, 2016 304 Viewed Indah Pertiwi
joko widodo revisi uu pilkada

GALAXY.CO.ID – Presiden Joko Widodo mengadakan rapat terbatas mengenai revisi UU Pilkada pada siang tadi, Senin 30 Mei 2016. Dalam rapat tersebut Presiden menyampaikan jika revisi Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali kota segera diselesaikan sebab di tahun 2017 nanti akan segera diadakan Pilkada serentak.

“Saya mendapatkan informasi, katanya masih ada beberapa isu yang sampai saat ini masih belum disepakati dan masih di perdebatkan,” jelas Presiden Jokowi.

“Kita tidak bisa terjebak lagi dalam kepentingan politik jangka pendek dan harus benar-benar memikirkan tujuan yang lebih besar serta jangka panjangnya dalam hal menjaga kualitas proses demokrasi di negara Indonesia ini,” tambahnya.

Baca Juga:  Ahok Berikan Komentar Mengenai Video Syur Yang Tayang Di Videotron Kebayoran Baru

Rapat tersebut di hadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husni Kamil selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum, para Menteri Kabinet Kerja, Ketua Badan Pengawas Pemilu Muhammad, Panglima TNI gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal pol Badrodin Haiti serta Kepala badan Intelijen Negara Sutiyoso.

Yang masih menjadi perdebatan dalam putusan MK yaitu keharusan dari anggota DPR untuk mundur dari jabatannya apabila mereka sudah dipilih dan ditetapkan sebagai calon kepala daerah.
Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Dalam Negeri yakni Tjahjo Kumolo untuk melakukan komunikasi dengan DPR yang bertujuan untuk memperlancar revisi Undang-undang Pilkada.

Baca Juga:  Peringatan Pihak MUI terkait Perempuan Muslim Penjual Nasi Uduk Babi Buncit

Beliau juga mengharapkan isu-isu krusial tersebut bisa segera di atasi dalam waktu dekat ini, karena RUU sekarang sudah di tunggu-tunggu untuk menjadi landasan, sebagai payung hukum dan sebagai panduan dalam Pilkada serentak nanti.

“Saya meminta Mendagri untuk melakukan komunikasi dengan anggota DPR RI supaya isu-isu krusial yang masih tersisa bisa dibuat kesepakatan dan segera diputuskan,” kata Presiden RI.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply