15:17 - Selasa 22 Januari, 5867

Siapa Frankie Manning yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Mei 27, 2016 252 Viewed Thalia Sungkar
google doodle frankie manning

GALAXY.CO.ID – Hari ini Google Doodle merayakan hari kelahiran dari seorang tokoh bernama Frankie Manning yang lahir pada 26 Mei 1914 di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat.

Frankie Manning sendiri adalah seorang penari Amerika, bakat tersebut merupakan keturunan dari sang ibu yang juga menjadi salah satu anggota kelompok tari di Kat Sovay sekitar tahun 1930.

Alasan mengapa Frankie Manning mulai tertarik dengan dunia tari adalah pada saat masih kecil sang ibu pernah berkata jika Manning tidak akan bisa menjadi penari karena dinilai masih kaku, namun ia tidak menyerah dengan cepat, justru ia menjadikan perkataan sang ibu menjadi motivasi untuk menjadi penari yang lebih baik lagi.

Seiring berjalannya waktu, Frankie manning berhasil menjadi seorang penari yang sukses, kemudian ia mendirikan sebuah grup tari yang dinamai dengan Lindy Hop.

Baca Juga:  Axioo Resmi Meluncurkan Tablet Terbarunya Yakni Picopad S4

Pada tahun 1935, Herbert White menyelenggarakan kontes menari di Savoy Ballroom dan Lindy Hop menjadi salah satu kelompok tari yang kinerjanya dinilai professional. Manning pernah menciptakan gerakan tari untuk rombongannya, yang akhirnya membuat grup Lindy Hop di tunjuk sebagai koreografer de facto.

Frankie Manning juga pernah berduet dengan Norma Miller yang di kenal sebagai Ratu Swing. Namun grup tari yang dibentuknya tidak bertahan lama, pasalnya banyak penari laki-laki memasuki angkatan bersenjata pada Perang Dunia II. Manning sendiri bertugas di Angkatan Darat AS, setelah selesai perang, ia mencoba membuat grup kecil pada tahun 1947 yang disebut Congaroos, tetapi hanya bertahan sampai tahun 1955.

Manning sempat bekerja di Kantor Pos selama 30 tahun, akhirnya tahun 1980an ia kembali menghidupkan tarian Swing Frankie yang merupakan hasil karyanya sendiri. Ia juga telah tercatat sebagai anggota dari Whitney’s Lindy Hoppers. Setelah tariannya terkenal di dunia, Frankie Manning memenangkan Tony Award di tahun 1999 dengan kategori koreografi terbaik di Black and Blue serta menjadi konsultan untuk film “Malcolm X” yang di sutradarai oleh Spike Lee tahun 1992. Meskipun sudah berusia lanjut namun ia masih kelihatan sehat bugar saat mengikuti lomba dansa swing di Arizona, Amerika Serikat.

Baca Juga:  BlackBerry Kini Resmi Meluncurkan Smartphone Terbarunya Yang Bernama DTEK50

Manning meninggal pada tanggal 27 April 2009 di Corona, Queens. Jenazahnya di semayamkan di pemakaman Plot Hillcrest yang berlokasi di Woodlawn Cemetery di Bronx, NY. Walaupun Frankie Manning sudah meninggal, tetapi tarian swing yang ia ciptakan masih melekat di hati para penggemarnya.

Filed in
Related posts
Your comment?
Leave a Reply